Aktivitas MBKM Prodi Teknologi Survei Pemetaan Dasar : Program MBKM Internal pada PT Eshan Agro Sentosa (EAS)

Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka merupakan program yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan untuk bekal memasuki dunia kerja. PT Eshan Agro Sentosa merupakan salah satu holding company yang berada dibawah naungan Jhonlin Group yang berkantor pusat di Tanah Bumbu Kalimantan Selatan, perusahaan ini bergerak pada industri perkebunan kelapa sawit yang memiliki 8 unit perusahaan dengan total kebun lebih dari 80.000 hektar.

Salah satu mahasiswa magang, Trischa Djalluanti Auzy sedang melakukan pembuatan project pada controller GPS Geodetic dengan merk Trimble di salah satu unit Perusahaan yaitu PT Kodeco Agrojaya Mandiri, pemasangan GPS Geodetic digunakan sebagai acuan dalam melakukan penerbangan UAV. Pengambilan data foto udara biasanya dilakukan selama 6 hari bahkan lebih tergantung pada luas wilayah suatu Perusahaan unit dan tinggi terbang UAV. Pada kegiatan tersebut berkaitan dengan 3 mata kuliah yang dikonversikan selama saya menjalani magang yaitu Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Praktik Aplikasi Survei GNSS, dan Survei Aerial.

Kegiatan harian mahasiswa selama melaksanakan program MBKM pada PT Eshan Agro Sentosa khususnya di divisi GIS ialah melakukan digitasi atau sensus pokok pohon kelapa sawit dengan menggunakan software ArcGIS, melakukan pengambilan data foto udara serta melakukan pemrosesan foto udara menggunakan software Agisoft, selain itu hal lain yang dilakukan adalah menganalisis data pada satu unit Perusahaan dengan Perusahaan yang lainnya, pembuatan layout pada suatu unit Perusahaan dengan menerapkan TOR yang sudah ditetapkan, melakukan pengambilan data topografi dengan menggunakan theodolite maupun total station, serta mengolah data BM yang sudah diambil dengan menggunakan software Trimble Business Center.

Kegiatan magang di PT Eshan Agro Sentosa merupakan langkah yang baik bagi mahasiswa dalam mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh selama perkuliahan ke dalam dunia kerja. Dengan berpartisipasi langsung dalam kegiatan ini, mahasiswa memiliki peluang baik untuk terlibat secara langsung dan mengembangkan keterampilan teknis dalam berbagai aspek.

Penulis : Trischa Djalluanti Auzy