Aktivitas MBKM Prodi Teknologi Survei Pemetaan Dasar : Kegiatan MBKM di Stasiun Geofisika Sleman Yogyakarta

Salah satu mahasiswi program studi Teknologi Survei dan Pemetaan Dasar Angkatan 2021, Sekolah Vokasi, Universitas atas nama Eka Sekar Masyithoh melakukan magang MBKM di Stasiun Geofisika Sleman Yogyakarta mulai Februari 2024. Kegiatan MBKM di Stasiun Geofisika Sleman dapat menambah pengetahuan mengenai gempa bumi, tsunami, mitigasi bencana, peralatan klimatologi melalui penyampaian materi maupun kegiatan praktek yang mungkin tidak bisa di dapatkan ketika pembelajaran di kampus.

Sebelum dilakukan kegiatan magang MBKM terdapat seleksi yang harus dilaksanakan. Seleksi diikuti oleh lebih dari 100 orang mahasiswa yang berasal dari Universitas Gadjah Mada, Universitas Sebelas Maret, dan Universitas Jenderal Soedirman. Seleksi dilakukan melalui platfrom Zoom Meeting. Setelah proses seleksi, jumlah peserta yang lolos sekitar 70 orang mahasiswa, salah satunya adalah Eka.

Kegiatan MBKM dilaksanakan bulan februari – juni 2024. Pada bulan pertama diberikan pembekalan materi terkait mitigasi bencana, gempa bumi, tsunami, SIG, peralatan, dan lain lain. Dalam kegiatan tersebut mahasiswa diberikan penjelasan mengenai peralatan dalam pengamatan klimatologi, proses pengolahan data gempa bumi, dan tsunami di Yogyakarta.

Selain penyampaian materi, juga terdapat praktek. Praktek yang dilakukan adalah praktek perekaman getaran tanah menggunakan alat seismometer. Praktek penggunaan alat seismometer
dibimbing oleh Pak Zamroni salah satu pegawai di stasiun Geofisika Sleman.

Mahasiswa juga diberikan kesempatan untuk mengikuti pengamatan hilal 1 ramadan. Pengamatan hilal dilakukan 2 kali pada hari senin 11 Maret 2024 dan 12 Maret 2024. Karena cuaca mendung, pengamatan yang dilakukan tidak bisa melihat hilal karena tertutup awan.
Pada minggu ke 4 kegiatan magang dilakukan penilaian akhir untuk setiap materi yang diberikan. Penilaian dilakukan secara online dan offline melalui google from dan Kahoot. Selanjutnya kegiatan magang MBKM adalah mengerjakan project sesuai tema yang sudah dipilih ketika seleksi, yaitu Pembuatan Peta Dampak Guncangan Gempa.

Penulis : Eka Sekar Masyithoh