Aktivitas MBKM Prodi Teknologi Survei Pemetaan Dasar : Akuisisi Data Foto Udara di Wilayah Air Belo oleh Mahasiswa Sekolah Vokasi

Mahasiswa D4 Teknologi Survei dan Pemetaan Dasar Sekolah Vokasi UGM yang melaksanakan kegiatan magang di PT Timah Tbk melakukan akuisisi data foto udara menggunakan wahana Wingtra Gen II. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Jumat, 23 Februari 2024 di Air Belo, Kabupaten Bangka Barat. Akuisisi data foto udara ini bertujuan untuk mendapatkan data foto udara yang nantinya akan digunakan sebagai sarana dalam monitoring area Izin Usaha Tambang atau IUP milik PT Timah Tbk.

Wingtra Gen II merupakan salah satu jenis drone yang landing dan take-off secara vertikal atau sering disebut dengan VTOL. Kecepatan terbang dari Wingtra Gen II ini adalah 16 m/s atau setara dengan 35,8 mph. Maksimal waktu penerbangan yang dapat dilakukan dengan wahana ini selama kurang lebih 59 menit dengan dua buah baterai berkapasitas 99 Wh atau Watt hour. Ketinggian maksimal lepas landas di atas permukaan laut yang dapat dilakukan oleh wahana ini sebesar 2500 m atau setara dengan 8200 kaki.

Pengambilan data foto udara ini dilakukan oleh mahasiswa D4 Teknologi Survei dan Pemetaan Dasar UGM bersama dengan dua karyawan PT Timah Tbk yang merupakan pilot drone bersertifikasi. Sebelum pengambilan data foto udara, perlu dilakukan pembuatan jalur terbang dengan menggunakan perangkat lunak WingtraPilot. Selain itu, perlu dilakukan pengamatan titik yang dijadikan sebagai base untuk take-off dan landing wahana tersebut menggunakan GPS dengan metode statik selama kurang lebih 1,5 jam. Akuisisi data foto udara pada wilayah Air Belo yang dilakukan sebanyak 4 kali terbang diperkirakan dapat mencakup 1366,91 hektar dengan tinggi terbang 300 meter selama 3 jam 35 menit.

Dari area seluas 1366,91 hektar, pengambilan data foto udara hanya dapat dilakukan sebesar 70% saja, karena saat itu kondisi cuaca tidak memungkinkan untuk melanjutkan menerbangkan drone, sehingga kegiatan pengambilan data foto udara harus dihentikan. Dengan adanya kegiatan pengambilan data foto udara yang melibatkan mahasiswa magang, diharapkan dapat menambah ilmu dan pengalaman bagi mahasiswa dalam dunia kerja khususnya dibidang pertambangan.

Penulis : Riskandari Eka Yunita