Aktivitas MBKM Prodi Teknologi Survei Pemetaan Dasar : Dokumentasi Aset Bangunan Sekolah Internasional British School Jakarta dengan Scanning Menggunakan Terrestrial Laser Scanner

Dokumentasi Aset Bangunan Sekolah Internasional British School Jakarta dengan Scanning Menggunakan Terrestrial Laser Scanner

PT GeoBIM Indonesia sudah bekerjasama dengan pihak sekolah internasional British School Jakarta untuk dilakukannya proses scanning secara keseluruhan dari tiap bagian di sekolah ini yang meliputi akuisisi data berupa pengukuran Global Positioning System (GPS), Terrestrial Laser Scanner (TLS), Drone LIDAR, dan Ground Penetrating Radar (GPR) yang sudah mulai dikerjakan per tanggal 24 Februari 2024. Tujuan utama dari dijalankan project ini yaitu pendataan aset sekolah yang kedepannya dapat dimanfaatkan untuk pemeliharaan atau pembangunan baru.

Alat yang digunakan untuk akuisisi data TLS menggunakan tipe RTC 360 yang merupakan salah satu jenis alat keluaran Leica yang menggunakan sistem LIDAR untuk memindai suatu objek. Dalam penggunaannya alat ini menyediakan beberapa pengaturan antara lain pengaturan terhadap densitas pointcloud yang terdiri atas mode High yang memiliki kerapatan titik tiap 3mm, Medium yang memiliki kerapatan titik tiap 6mm, dan Low yang memiliki kerapatan titik tiap 9mm. Selain itu masih ada pengaturan lainnya yang berupa Pemindaian Ganda (Double Scan) dan pengaturan mode foto yang digunakan untuk memberikan warna pada pointcloud.

Akuisisi data yang dilakukan selama 14 hari dari tanggal 24 Februari sampai 8 Maret 2024, mencakup 44 bangunan dan 9 objek lainnya. Akuisisi utama difokuskan terkait scanning area interior dan eksterior dari gedung menggunakan Terrestrial Laser Scanner. Akuisisi data dilakukan saat jam sekolah berakhir untuk meminimalisir disturbance data pointcloud sehingga  hasil scan lebih jelas serta mentaati aturan sekolah mengenai perlindungan terhadap siswa (Child Protection).

Penulis : Aqmal Cahyo Kumoro dan Dendy Elvian Darmansyah