Mahasiswa Angkatan 2021 Program Studi TSPD Ikuti Kegiatan Magang Kampus Merdeka

MBKM TSPD 2021 a

Dalam upaya mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), sejumlah mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia aktif mengambil bagian dalam program magang MBKM. Pada Semester 6 ini, seluruh Mahasiswa Teknologi Survei dan Pemetaan Dasar berkesempatan untuk mengikuti program ini dengan baik. Program magang MBKM dirancang untuk memberikan mahasiswa pengalaman mengenai ilmu praktis di dunia kerja dan memfasilitasi proses belajar secara aktif. Selama mengikuti program magang MBKM, mahasiswa tidak melakukan pembelajaran di kampus, namun secara langsung berada di tempat magang yang sudah dipilih. Banyak mahasiswa TSPD yang harus berada di luar Pulau Jawa seperti Sumatera, Sulawesi, Maluku, selama berbulan-bulan untuk menyelesaikan periode magang mereka. Sebagai laporan harian kegiatan magang, mahasiswa diwajibkan untuk mengumpulkan Logbook yang berisi kegiatan harian selama magang dan pada akhir periode magang mahasiswa juga diwajibkan untuk mengumpulkan Laporan Evaluasi dan Laporan Akhir Magang.

Program Magang ini juga merupakan upaya untuk memperluas kerja sama dengan lebih banyak perusahaan dan instansi, sehingga semakin banyak mahasiswa dapat mengakses peluang magang ataupun peluang kerja yang bermanfaat nantinya. Beberapa tempat magang yang ditempati mahasiswa TSPD 2021 yaitu PT. Putra Perkasa Abadi, PT. Adhi Karya, PT. Pembangunan Perumahan (PP), PT. Geo BIM Indonesia, BBWS Serayu Opak, BBWS Brantas, dan masih banyak lagi. Program magang berguna untuk mengimplementasikan ilmu-ilmu yang sudah dipelajari di kampus untuk diterapkan di dunia kerja. Beberapa mata kuliah yang dipelajari selama kuliah seperti Survei Terestris, Survei Rekayasa, GNSS (Global Navigation Satellite System), Survei Fotogrametri, Survei Hidrografi, hingga GIS (Geographic Information System) memiliki peran yang sangat penting dalam bidang pekerjaan yang membutuhkan tingkat keakuratan dan presisi tinggi pada bidang pertambangan, konstruksi, dan hidrografi.

Program magang MBKM semakin menjadi pilihan populer di kalangan mahasiswa, mengingat manfaatnya yang besar dalam mempersiapkan mereka untuk karir di masa depan. Semoga program ini terus berkembang dan memberikan dampak positif bagi dunia pendidikan dan dunia kerja di Indonesia.