Aktivitas MBKM Prodi Teknologi Survei dan Pemetaan Dasar : Uji Coba Drone Mavic 3E Enterprise untuk Memastikan Kinerja alat yang Optimal

Salah satu mahasiswa TSPD mendapatkan kesempatan magang di PT Geosat Survei Indonesia, yaitu perusahaan yang bergerak di bidang jasa survei dan pemetaan. Salah satu kegiatan magang yaitu mengadakan uji coba drone DJI Mavic 3E Enterprise di komplek perumahan Natura Resident, kabupaten Sidoarjo Jawa Timur. Uji coba ini dilakukan untuk memastikan kinerja alat yang optimal sebelum digunakan untuk proyek-proyek komersial yang lebih luas

Proses uji coba ini dipimpin oleh tim terlatih dari PT Geosat Survei Indonesia, yang dipimpin oleh pilot drone profesional, Firman Akhirudin Hidayatullah, ST, dengan dukungan dari asisten pilot drone, Rico Samuel Putra Bima, serta beberapa karyawan lainnya. Persiapan awal dilakukan dengan teliti, termasuk pemilihan lokasi yang tepat, pemeriksaan menyeluruh terhadap kondisi drone, dan pemasangan perangkat lunak yang diperlukan untuk operasi drone.
Selanjutnya, drone diterbangkan oleh pilot berpengalaman dalam berbagai ketinggian dan sudut untuk mengumpulkan data yang optimal. Selama penerbangan, pilot memantau kondisi drone dan data yang dikumpulkan secara real-time, sambil memastikan kepatuhan terhadap aturan penerbangan drone di Indonesia dan keselamatan penerbangan.
Drone ini dilengkapi dengan kamera berkualitas tinggi dan sistem RTK untuk mencapai presisi posisi yang tinggi. Setelah pengumpulan data selesai, data tersebut diproses dan dianalisis untuk menghasilkan peta, model 3D, dan informasi lainnya.Hasil uji coba menunjukkan bahwa drone Mavic 3E Enterprise mampu menghasilkan gambar dan video berkualitas tinggi dengan tingkat presisi yang tinggi. Drone ini juga mudah dioperasikan dan dapat terbang dengan stabil dalam berbagai kondisi cuaca.
PT Geosat Survei Indonesia sangat puas dengan hasil uji coba ini dan berencana untuk menggunakan drone Mavic 3E Enterprise dalam proyek-proyek komersial mereka di masa mendatang. Keberhasilan uji coba ini menjanjikan peningkatan efisiensi dan akurasi dalam layanan survei dan pemetaan.
Dengan teknologi drone yang semakin canggih dapat memberikan solusi-solusi inovatif dan berkualitas tinggi di bidang survei dan pemetaan.

Penulis: Panji Gumilang