Aktivitas MBKM Prodi Teknologi Survei Pemetaan Dasar : Pentingnya Menjaga Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), serta Etika Profesi di Lingkungan Perusahaan PT. Waindo SpecTerra

Pentingnya Menjaga Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)

Mahasiswa Program Studi Diploma IV (D-4) Teknologi Survei dan Pemetaan Dasar Sekolah Vokasi UGM Angkatan 2021, pada Semester Genap Tahun Ajaran 2023/2024 saat ini sedang melakukan kegiatan Program Magang MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Salah satu perusahaan yang menjadi tujuan tempat magang bagi mahasiswa adalah PT. Waindo SpecTerra.

Pada hari Rabu, 21 Februari 2024, mahasiswa magang mendapatkan materi tentang Kesehatan dan Keselamatan Kerja atau HSE (Health, Safety, and Environment) serta Etika Profesi di lantai 1 gedung kantor perusahaan PT. Waindo SpecTerra. Penyampaian materi tersebut berlangsung selama setengah jam, terhitung mulai pada pukul 15.30 – 16.00 WIB.

Pada kegiatan kali ini, tidak hanya diikuti oleh mahasiswa magang saja, tetapi juga beberapa karyawan perusahaan. Ir. G.H Anto, selaku pemimpin sekaligus owner dari perusahaan PT. Waindo SpecTerra, secara langsung memaparkan materi tersebut. Penyampaian materi tentang HSE ini tidak hanya disampaikan oleh pemilik perusahaan saja, tetapi nantinya juga akan disampaikan oleh konsultan HSE yang akan diikuti perwakilan per-divisi pada setiap minggu-nya.

Materi yang disampaikan nantinya berupa pentingnya penerapan keselamatan dan kesehatan kerja setiap melakukan pekerjaan. Dalam HSE ini terdapat JSA atau Job Safety Analysis yang berisi kemungkinan resiko, kategori atau level resiko, dan cara pengendalian dari resiko tersebut. Dari hasil analisis JSA ini nantinya perusahaan dapat menentukan langkah-langkah pengendalian bahaya. Analisis dimulai dari membuat poin kegiatan pekerjaan, dilanjutkan dengan menentukan potensi bahaya dan potensi insiden yang dapat terjadi pada poin kegiatan pekerjaan tersebut. Kemudian dari penentuan tersebut dapat dilakukan klasifikasi faktor resiko awal. Selanjutnya, untuk mengurangi faktor resiko awal, dilakukan analisis langkah-langkah apa saja yang dapat mencegah ataupun mengurangi terjadinya insiden, sehingga resiko kegiatan pekerjaan yang dilakukan dapat direduksi. Penyampain materi juga menyinggung tentang etika kerja yang harus diterapkan di perusahaan ini. Ir. G.H Anto, selaku pemilik dari perusahaan PT. Waindo SpecTerra menyampaikan bahwa etika profesi di perusahaan ini harus diterapkan oleh semua karyawan perusahaan dan juga hal yang paling penting adalah tentang kejujuran. Banyaknya surveyor yang dijumpai seringkali mengarang sebuah data. Tentunya hal itu dapat merugikan banyak pihak. Dari kegiatan ini, banyak memberikan pengetahuan tentang pentingnya etika kerja yang harus diterapkan oleh semua karyawan di perusahaan dan juga pentingnya mengetahui tentang JSA (Job Safety Analysis) yang merupakan bagian dari HSE untuk mengetahui resiko dan cara pengendaliannya dengan tepat, guna menciptakan lingkungan kerja yang aman, nyaman, dan sehat.

Penulis : Muhammad Rofiiq