Aktivitas MBKM Prodi Teknologi Survei Pemetaan Dasar : Memantau Kualitas Pekerjaan Cuci Kanal dengan Survei Batimetri

Memantau Kualitas Pekerjaan Cuci Kanal dengan Survei Batimetri

Pada tanggal 23 Maret 2024, di area operasional PT. Sinarmas, dilakukan kegiatan Quality Control (QC) kanal menggunakan Survei Batimetri oleh PT. Kartabhumi Nusantara.

Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan kualitas pekerjaan cuci kanal yang dilakukan oleh kontraktor sesuai dengan standar yang diharapkan.

Kegiatan dimulai dengan persiapan alat dan tim survei yang dipimpin oleh Handoko Susilo selaku Surveyor Batimetri. Tim kemudian melakukan survei secara detail di sepanjang kanal yang telah dibersihkan oleh kontraktor. Mereka mencatat data kedalaman serta kondisi dasar perairan menggunakan alat Drone USV Batimetri. Hasil survei ini akan menjadi acuan untuk mengevaluasi kualitas pekerjaan cuci kanal yang dilakukan oleh kontraktor.

“Survei batimetri memainkan peran penting dalam kegiatan QC kanal. Dengan memahami topografi dasar perairan, kami dapat menilai efektivitas pekerjaan cuci kanal yang dilakukan oleh kontraktor. Data yang diperoleh dari survei ini membantu kami memastikan bahwa hasil pekerjaan sesuai dengan standar yang diharapkan, sehingga kanal dapat berfungsi optimal.” – Handoko Susilo, Surveyor Batimetri PT. Kartabhumi Nusantara.

Melalui kegiatan ini, diharapkan PT. Sinarmas dapat memastikan bahwa pekerjaan cuci kanal yang dilakukan oleh kontraktor memenuhi standar kualitas yang ditetapkan. Dengan adanya Survei Batimetri, kesalahan atau ketidaksesuaian dapat terdeteksi lebih awal, sehingga perbaikan dapat dilakukan secara tepat waktu. Dengan demikian, dapat dipastikan bahwa kanal tetap berfungsi optimal dan risiko terkait dengan ketidaksesuaian pekerjaan dapat diminimalisir.

Penulis : Ziyad Abdillah