II.7. Yudisium

Yudisium adalah keputusan rapat Program Studi tentang kelulusan seorang mahasiswa yang dilaksanakan setiap menjelang acara wisuda. Mahasiswa dapat mengikuti yudisium apabila telah memenuhi dan menyerahkan syarat-syarat akademik dan administrasi untuk keperluan yudisium pada tanggal yang telah ditetapkan. Waktu pelaksanaan yudisium ditentukan oleh pengelola Program Studi, sedangkan wisuda mengikuti aturan Universitas. Syarat mengikuti yudisium bagi calon wisudawan adalah sebagai berikut:

II.7.1. Syarat akademik

  1. Telah menempuh semua mata kuliah wajib dan beberapa mata kuliah pilihan dengan total SKS minimal 144 SKS
  2. Mempunyai IP Kumulatif minimal 2,50 tanpa nilai E
  3. Nilai D sebanyak-banyaknya 25% dari total SKS
  4. Mempunyai skor TEVocS minimal 60

II.7.2. Syarat administrasi

  1. Mengisi dokumen pendaftaran yudisium di SIMASTER:
    • Mengisi Exit Survey
    • Mengisi Gama Co-Brand (Jika ada kendala terkait Gama Co-Brand) – Kantor alumni Universitas Gadjah Mada Bulaksumur Blok  D5, Yogyakarta 55281
      alumni@ugm.ac.id +62 (274) 552810 +62 8112 5824 34
    • Mengisi Form Bebas Pinjam
    • Melengkapi ETD
    • Upload halaman pengesahan, di sini
    • Upload sertifikat prestasi / kegiatan selama kuliah untuk lembar SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijazah) melalui SIMASTER
  2. Mengumpulkan hardcopy naskah Proyek Akhir yang sudah lengkap (dijilid dan ditandatangani dosen penguji, pembimbing dan ketua departemen).
    + Mengumpulkan  Ceklist Proyek Akhir dalam bentuk kertas A4 70 gram yang sudah ditandatangani dengan ketentuan penulisan Nama, Judul Bahasa Indonesia dan Judul Bahasa Inggris menggunakan Capitalize Each Word. Format ceklist bisa diunduh di –>  sini
  3. Mengumpulkan 2 buah DVD yang berisi semua data dan pengolahannya yang digunakan dalam pelaksanaan proyek akhir (termasuk softcopy naskah proyek akhir versi final dan file yang terdapat di poin 7 list syarat ini), 1 untuk Prodi dan 1 untuk Perpustakaan.
  4. Mengumpulkan Foto Berwarna terbaru ukuran 4×6 (2 buah dengan latar warna biru), dengan nama dibelakang foto menggunakan kertas yang ditempel pada belakang foto. Awas!!! Jika menggunakan tinta, tintanya berpotensi menempel pada foto belakangnya !
  5. Mengumpulkan sertifikat TEVocS asli yang masih berlaku (masa berlaku 2 tahun)
  6. Mengumpulkan hasil cek plagiarism (Turnitin) untuk naskah proyek akhir dengan skor maksimal 25%, cukup halaman yang ada judul dan nama  beserta prosentase hasilnya. (Pengecekan bisa dikirim ke email : dekaputra@ugm.ac.id dengan format *.docx / *.pdf)
  7. Mengumpulkan salah satu dari pilihan di bawah ini :
    • Naskah Publikasi
      Naskah publikasi dari Proyek Akhir yang telah diselesaikan oleh mahasiswa yang sudah dimasukkan minimal ke Jurnal Nasional yang relevan dengan tema Proyek Akhirnya. Apabila mahasiswa memilih opsi ini, wajib mengumpulkan bukti submit dokumen di jurnal tersebut
    • Produk fisik/HAKI dan poster
      Produk fisik dari Proyek Akhir yang telah selesai dikerjakan (contoh: Model 3D sebuah Bangunan/Gedung/Candi yang dicetak 3D, website yang sudah berhasil dibuat). Ketentuan untuk poster bisa dilihat pada Gambar 2 di bawah ini.
Gambar 2. Ukuran dan Isi Poster

Bagi mahasiswa yang memilih opsi ini, wajib mengumpulkan poster dan sertifikat HAKI/produk fisik yang sudah jadi

    • Video dokumentasi

Berisikan konten dari produk Proyek akhir yang telah selesai dibuat dengan ketentuan sebagai berikut :

      • Durasi: Maksimal 5 menit
      • Format file: mp4
      • Contoh video bisa dilihat pada tautan berikut ini:

http://ugm.id/ContohVideoProyekAkhir

Bagi mahasiswa yang memilih opsi ini, harus menunjukkan screenshot dan tautan dari video yang telah diunggah di laman Youtube dengan menambahkan hashtag #ProyekAkhirTSPD

Link Unggah Poin 7

1. Naskah Publikasi
2. Produk fisik/HAKI dan poster
3. Video dokumentasi