II.7. Yudisium

Yudisium adalah keputusan rapat Program Studi tentang kelulusan seorang mahasiswa yang dilaksanakan setiap menjelang acara wisuda. Mahasiswa dapat mengikuti yudisium apabila telah memenuhi dan menyerahkan syarat-syarat akademik dan administrasi untuk keperluan yudisium pada tanggal yang telah ditetapkan. Waktu pelaksanaan yudisium ditentukan oleh pengelola Program Studi, sedangkan wisuda mengikuti aturan Universitas. Syarat mengikuti yudisium bagi calon wisudawan adalah sebagai berikut:

II.7.1. Syarat akademik

NomorSyarat Akademik
1Telah menempuh semua mata kuliah wajib dan beberapa mata kuliah pilihan dengan total SKS minimal 144 SKS
2Mempunyai IP Kumulatif minimal 2,50 tanpa nilai 'E'
3Nilai 'D' sebanyak-banyaknya 25% dari total SKS
4- Mempunyai Sertifikat TEVocS minimal skor 60.
- Bagi yang kurang (49-59), melampirkan sertifikat kepanitiaan/kejuaraan (pendukung) sesuai ketentuan kelulusan sebagai berikut :
    a. Tingkat Nasional : 1 buah;
    b. Tingkat UGM : 2 buah;
    c. Tingkat SV : 3 buah;
    d. Tingkat Prodi/Dept: 5 buah;
- Jika tidak mempunyai sertifikat pendukung apapun, wajib melampirkan 4 Sertifikat TEVocS.

II.7.2. Syarat administrasi

NomorSyarat AdministrasiKeteranganCatatanTautan / Alamat
1Mengisi dokumen pendaftaran yudisium di SIMASTERMengisi Exit SurveySecara online di SIMASTER menu survei
Mengisi Gama Co-BrandJika ada kendala terkait Gama Co-Brand

1. Hubungi Kantor alumni Universitas Gadjah Mada Bulaksumur Blok D5, Yogyakarta 55281;
2. Mengisi tautan : Form Kendala NIK Gama Co-Brand;
3. Email ke : alumni@ugm.ac.id;
4. Telp. ke : (0274) 552810;
5. WA ke : +62 8112 5824 34;
Secara online di SIMASTER pada menu alumni, sub menu kartu GAMA Co-Brand

Mengisi Form Bebas PinjamSecara online di SIMASTER
Melengkapi ETDSecara online di ETD atau SIMASTER (Submenu Perpustakaan) dengan menggunakan akun email/SSO UGM
2Upload halaman pengesahan Proyek AkhirSecara online di unggah Halaman Pengesahan
3Upload sertifikat prestasi / kegiatan selama kuliah untuk lembar SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijazah) melalui SIMASTERSecara online di SIMASTER
4Mengumpulkan hardcopy naskah Proyek Akhir yang sudah lengkap1. Dijilid hardcover warna hijau 🟩
2. Tanpa siku kuningan
3. Sudah ditandatangani Dosen Penguji, Pembimbing dan Ketua Departemen
Dikumpulkan di ruang Akademik
5Mengumpulkan Ceklist Proyek Akhir dalam bentuk kertas A4 70 gramCeklist Proyek sudah ditandatangani dengan ketentuan penulisan Nama, Judul Bahasa Indonesia dan Judul Bahasa Inggris menggunakan "Capitalize Each Word"Unduh Ceklist
6Mengumpulkan 2 buah DVD
atau
Mengumpulkan 1 buah DVD dan 1 flashdisk
1. Untuk DVD isinya menggunakan format Unggah ETD;
2. Untuk Flashdisk berisi semua data dan pengolahannya yang digunakan dalam pelaksanaan proyek akhir
(termasuk softcopy naskah proyek akhir versi final dan file yang terdapat di poin 10 list syarat ini)
1. DVD ke-1 untuk Perpustakaan dan DVD ke-2 untuk Prodi;

2.DVD ke-1 untuk Perpustakaan & untuk prodi boleh menggunakan flashdisk dengan kapasitas disesuaikan kebutuhan dan diberi gantungan nama mahasiswa)

Contoh Cover DVD dan Label DVD bisa hubungi Akademik TSPD
Perpustakaan yang dimaksud adalah Perpustakaan di Gedung Perpus SV UGM (Lantai 2)
7Mengumpulkan Foto Berwarna terbaru ukuran 4×61. Berjumlah 2 buah dengan latar warna biru 🟦
2. Dibelakang foto diberi nama mahasiswa dan NIM menggunakan kertas label yang ditempel
Awas!!!
Jika menggunakan tinta, tintanya berpotensi menempel pada foto di belakangnya
Contoh Foto
8Mengumpulkan sertifikat TEVocS asli yang masih berlaku

(Cek kembali pada Syarat akademik II.7.1.)
Biasanya memiliki masa berlaku 2 tahunPada saat pengambilan transkrip, jangan lupa mengingatkan admin untuk meminta kembali sertifikatnya untuk dibawa pulangDikumpulkan di ruang Akademik
9Mengumpulkan hasil cek plagiarism (Turnitin) untuk naskah proyek akhir dengan skor maksimal 25%Cukup halaman yang ada judul dan nama beserta prosentase hasilnyaPengecekan bisa dikirim ke email : admin Turnitin TSPD dekaputra@ugm.ac.id dengan format lampiran *.docx / *.pdf dan Subject : Cek Turnitin

Admin akan membalas hasilnya melalui email, prosesnya memakan waktu lumayan lama karena :
a. Admin harus download lampiran yang telah dikirim melalui email
b. Upload ke laman Turnitin
c. Menunggu hasil Turnitin
d. Mengunduh hasil Turnitin
e. Membalas email mengenai hasil Turnitin
Dikumpulkan di ruang Akademik
10Mengumpulkan salah satu dari pilihan di bawah ini
a. Naskah Publikasi
Naskah publikasi dari Proyek Akhir yang telah diselesaikan oleh mahasiswa yang sudah dimasukkan minimal ke Jurnal Nasional yang relevan dengan tema Proyek Akhirnya. Apabila mahasiswa memilih opsi ini, wajib mengumpulkan bukti submit dokumen di jurnal tersebutSecara online di Unggah Naskah Publikasi
b. Produk fisik/HAKI dan posterProduk fisik dari Proyek Akhir yang telah selesai dikerjakan

(contoh: Model 3D sebuah Bangunan/Gedung/Candi yang dicetak 3D, website yang sudah berhasil dibuat).

Ketentuan untuk poster bisa dilihat pada Gambar 2 di bawah ini.
Output Poster --> Lab sudah penuh Ganti dengan X-Banner (model roll bukan kerangka) (60x160 cm)Secara online di Unggah Produk fisik/HAKI dan poster
c. Video dokumentasiBerisikan konten dari produk Proyek akhir yang telah selesai dibuat.

Bagi mahasiswa yang memilih opsi ini, harus menunjukkan screenshot dan tautan dari video yang telah diunggah di laman Youtube dengan menambahkan hashtag #ProyekAkhirTSPD
Ketentuan video sebagai berikut :
- Durasi: Maksimal 5 menit
- Format file: mp4

Contoh Video
Secara online di Unggah Video Dokumentasi
11Mengumpulkan SURAT KETERANGAN Evaluasi Proyek Akhir

SURAT KETERANGAN - Evaluasi Proyek Akhir
Sudah ditandatangani Tim Dosen Penguji dan PembimbingDicetak, mintakan tanda tangan dan di upload di Unggah Dokumen Softfile YudisiumDikumpulkan di ruang Akademik
12FORM BEBAS ADMINISTRASI TSPDKhusus bagian Akademik terakhir saja, karena perlu pengecekan ulang lebih lanjutUnduh Form Bebas AdministrasiDikumpulkan di ruang Akademik
Semua dokumen hardfile yang dikumpulkan ke Prodi harus dimasukkan ke dalam map plastik tebal dan disusun sesuai ceklistDikumpulkan di ruang Akademik
Semua dokumen softile dikumpulkan ke Google FormUnggah Dokumen Softfile Yudisium
Gambar 2. Ukuran dan Isi Poster

Bagi mahasiswa yang memilih opsi ini, wajib mengumpulkan poster / X-Banner dan sertifikat HAKI / produk fisik yang sudah jadi

  1. Mengisi dokumen pendaftaran yudisium di SIMASTER:
    • Mengisi Exit Survey
    • Mengisi Gama Co-Brand (Jika ada kendala terkait Gama Co-Brand) – Kantor alumni Universitas Gadjah Mada Bulaksumur Blok  D5, Yogyakarta 55281
      alumni@ugm.ac.id +62 (274) 552810 +62 8112 5824 34
    • Mengisi Form Bebas Pinjam
    • Melengkapi ETD
    • Upload halaman pengesahan, di sini
    • Upload sertifikat prestasi / kegiatan selama kuliah untuk lembar SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijazah) melalui SIMASTER
  2. Mengumpulkan hardcopy naskah Proyek Akhir yang sudah lengkap (dijilid dan ditandatangani dosen penguji, pembimbing dan ketua departemen).
    + Mengumpulkan  Ceklist Proyek Akhir dalam bentuk kertas A4 70 gram yang sudah ditandatangani dengan ketentuan penulisan Nama, Judul Bahasa Indonesia dan Judul Bahasa Inggris menggunakan Capitalize Each Word. Format ceklist bisa diunduh di –>  sini
  3. Mengumpulkan 2 buah DVD yang berisi semua data dan pengolahannya yang digunakan dalam pelaksanaan proyek akhir (termasuk softcopy naskah proyek akhir versi final dan file yang terdapat di poin 7 list syarat ini), 1 untuk Prodi dan 1 untuk Perpustakaan. (untuk prodi boleh menggunakan flashdisk dengan kapasitas disesuaikan kebutuhan)
  4. Mengumpulkan Foto Berwarna terbaru ukuran 4×6 (2 buah dengan latar warna biru), dengan nama dibelakang foto menggunakan kertas yang ditempel pada belakang foto. Awas!!! Jika menggunakan tinta, tintanya berpotensi menempel pada foto belakangnya !
  5. Mengumpulkan sertifikat TEVocS asli yang masih berlaku (masa berlaku 2 tahun)
  6. Mengumpulkan hasil cek plagiarism (Turnitin) untuk naskah proyek akhir dengan skor maksimal 25%, cukup halaman yang ada judul dan nama  beserta prosentase hasilnya. (Pengecekan bisa dikirim ke email : dekaputra@ugm.ac.id dengan format *.docx / *.pdf)
  7. Mengumpulkan salah satu dari pilihan di bawah ini :
    • Naskah Publikasi
      Naskah publikasi dari Proyek Akhir yang telah diselesaikan oleh mahasiswa yang sudah dimasukkan minimal ke Jurnal Nasional yang relevan dengan tema Proyek Akhirnya. Apabila mahasiswa memilih opsi ini, wajib mengumpulkan bukti submit dokumen di jurnal tersebut
    • Produk fisik/HAKI dan poster
      Produk fisik dari Proyek Akhir yang telah selesai dikerjakan (contoh: Model 3D sebuah Bangunan/Gedung/Candi yang dicetak 3D, website yang sudah berhasil dibuat). Ketentuan untuk poster bisa dilihat pada Gambar 2 di bawah ini.
  8. FORM BEBAS ADMINISTRASI TSPD | unduh
Gambar 2. Ukuran dan Isi Poster

Bagi mahasiswa yang memilih opsi ini, wajib mengumpulkan poster dan sertifikat HAKI/produk fisik yang sudah jadi

    • Video dokumentasi

Berisikan konten dari produk Proyek akhir yang telah selesai dibuat dengan ketentuan sebagai berikut :

      • Durasi: Maksimal 5 menit
      • Format file: mp4
      • Contoh video bisa dilihat pada tautan berikut ini:

http://ugm.id/ContohVideoProyekAkhir

Bagi mahasiswa yang memilih opsi ini, harus menunjukkan screenshot dan tautan dari video yang telah diunggah di laman Youtube dengan menambahkan hashtag #ProyekAkhirTSPD

Link Unggah Poin 7

1. Naskah Publikasi
2. Produk fisik/HAKI dan poster
3. Video dokumentasi